Senin, 17 Maret 2008

Tips Hari Ini

Raih Cita-Cita Setinggi Langit

Tidak pernah salah kalau kita mempunyai cita-cita atau target yang tinggi. Tetapi bagaimana jika cita-cita tersebut berbenturan dengan kenyataan? Jangan-jangan nanti kenyataan yang tidak seindah impian itu malah jadi beban hidup. Waduh, jangan deh. Daripada harus memilih salah satu antara kenyataan dan cita-cita, mari kita ambil jalan tengahnya saja. Kalau setuju, ikuti tips berikut ini.
Perhitungkan faktor usia.Membutuhkan banyak energi dan waktu untuk mencapai target. Jadi mumpung masih muda, jalan masih panjang, buruan buat target apa yang ingin kita raih karena kesempatan masih luas.

Perhitungkan kemampuan.Boleh kalau kita buat banyak cita-cita hebat, tapi jangan lupa sama faktor kemampuan diri. Mampukah kita melaksanakan semua cita-cita tersebut? Buatlah target yang tidak melebihi kemampuan diri. Kalau kita ngotot mengejar target terus tidak mampu, wah, bisa terjebak frustasi nanti.

Eksplorasi diri.Bagaimana caranya supaya bisa tahu kemampuan diri kita? Eksplorasi dirilah terlebih dahulu. Kemudian ukur kemampuan kita sampai batas masksimal. Coba deh kita pelajari riwayat orang-orang sukses. Banyak orang sukses yang berawal dari nol.

Berpikir besar.Tetapkan target dengan berpikir besar. Bagaimana kita mampu meraih hal besar jika kita tidak berpikir besar.

Buatlah rencana yang matang.Buatlah target atau tujuan plus rencana langkah per langkahnya. Jangan lupa mempersiapkan rencana cadangan jika saja ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Teguhkan pendirian.Jangan plin-plan atau terbawa arus. Apapun keputusan yang kita pilih pasti akan ada orang yang sependapat dan tidak. Kita boleh mengikuti pendapat tersebut atau tidak. Tapi yang pasti, kalau kita sudah yakin akan pilihan kita, please jangan biarkan orang lain mempengaruhi pikiran kita.

Berusahalah dengan keras.Hampir bisa dipastikan, apa pun target hidup yang kita tetapkan, cobaan akan datang menerpa. Jadikan cobaan tersebut sebagai tantangan bukan alasan untuk menyerah. Terus berusaha sampai batas kemampuan kita. Usaha yang keras selalu menghantarkan kita pada hasil yang memuaskan.

- Dirangkum dari berbagai sumber dari www.sekolahindonesia.com.

3 komentar:

sekedar celoteh mengatakan...

Bagi orang sedang dalam proses pencapaian, Agaknya point ke dua,tentang perhitungan kemampuan merupakan faktor ter-penting dalampenyusunan renstra atau setidaknya patut menjadi perhatian. Bisa jadi karena karena keseringan berkumpul dengan orang-orang besar, kadang kita lupa untuk mengeksplorasi kemampuan.Akhirnya kita ketinggian menentukan target yang ketinggian.Cita-cita terlalu tinggi tapi tidak melihat kemampuan,dan tidak pernah mengasahnya pula. Padahal banyak juga orang "kecil" dengan kemampuan yang tidak begitu besar pula, namun bisa memberikan semua kemampuannya menjadi manfaat bagi orang lain, karena penetapan target yang proporsional. Ini lebih baik daripada mempunyai kemampuan besar namun hanya memberikan sedikit. Atau lebih parah, kemampuan sedikit,cita-cita besar, dan hanya memberi sedikit. Semoga kita termasuk orang-orang yang bermanfaat. Salam

sekedar celoteh mengatakan...

Baru baca tulisan dibawahnya. "Blog ini tidak mengijinkan komentar anonymous".

Salam kenal
Arif

jayadi mengatakan...

membaca tips ini, saya jadi terpicu untuk berpacu mengejar cita-cita. yakin usaha sampai cak!!!